7 mitos tentang kehamilan yang dikaitkan dengan ibu hamil

Banyak mitos- mitos yang berkembang di masyarakat tentang kehamilan yang dikatikan dengan ibu hamil muda, setidaknya ada 7 mitos tentang kehamilan yang dikaitkan dengan ibu hamil muda di trimester pertama yang akan saya bahas di artikel ini. Apa sajakah mitos-mitos itu? baik, Mitos tentang kehamilan adalah sesuatu yang bukan fakta tapi ia dijadikan seakan-akan menjadi sebuah fakta karna berkembangnya mitos-mitos tersebut di masyarakat dan menjadi ketakutan di hati dan fikiran seseorang yang sebenarnya tidak percaya, oleh sebab itu bagi anda yang sedang hamil muda sebaiknya mengetahui tentang mitos mitos kehamilan agar anda tidak ragu lagi untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya baik untuk kehamilan anda.

Anda yang sedang hamil muda jangan khawatir lagi dengan mitos tentang kehamilan yang berkembang di masyrakat karna di artikel ini akan saya uraikan satu persatu, ya setidaknya ada 9 mitos tentang kehamilan yang dikaitkan dengan ibu hamil muda di trimester pertama yang akan saya uraikan, apa sajakh itu? baik silahkan anda baca dan perhatikan dengan seksama.
7 mitos kehamilan yang di kaitkan dengan ibu hamil
Mitos Kehamilan

1. Melakukan hubungan intim pada masa kehamilan dapat menyebabkan keguguran

Banyak ibu hamil yang takut melakukan hubungan intim dengan pasangannya saat hamil karena takut keguguran, mungkin itu wajar saja bagi mereka yang baru pertama kali mersakan kehamilan. Sebenarnya melakukan hubungan intim dengan pasangan saat hamil itu tidak akan menimbulkan masalah atau keguguran asalkan tidak melakukan tekanan yang berlebihan sehingga menimbulkan kontraksi perut. Studi terkini membuktikan bahwa pasangan yang melakukan hubungan intim di trimester terakhir dapat melancarkan persalinan, tapi tidak semua ahli setuju dengan hal ini, Nah sekarang tergantung anda percaya atau tidak.

2. Memakan kepiting menjadikan bayi terlahir cacat 

Ada yang beranggapan di masyarakat jika ibu yang sedang hamil jika memakan kepiting dapat menyebabkan bayi terlahir cacat, seperti jari tangan atau kaki tidak utuh ternyata ini hanyalah mitos belaka, kenyataanya kepiting adalah makanan yang mengandung protein tinggi dan itu baik untuk tumbuh kembang janin.

3. Mitos Ibu hamil muda tidak boleh makan nanas dan mentimun

Ibu hamil muda tidak boleh makan mentimun atau nanas, ternyata ini hanyalah mitos yang berkembang disebagian masyarakat saj, mitosnya adalah jika ibu hamil memakan mentimun atau nanas akan mengakibatkan keputihan bahkan keguguran, mitos ini dipercaya karena nanas mengandung zat/enzim bromelin yang dapat menjadikan daging menjadi empuk jika dimakan, akan tetapi sebagian orang beragapan enzim ini juga berpengaruh pada janin yang bisa menyebabkan keguguran padahal kebanyakn enzim bromelin pada nanas ini terdapat pada kulit dan bagian tengahnya dan sebagian kecil pada daging buahnya.jika di konsumsi enjim bromelin dalam jumlah yang sewajarnya artinya tidak berlebihan dapat melancarkan metabolisme tubuh.

4. Bentuk perut ibu hamil menjadi penentu bayi lahir laki laki atau perempuan

Ternyata ini adalah mitos,, Pasti anda sudah tau kan bahwa jika perut ibu hamil berbentuk bulat akan melahirkan bayi perempuan dan jika perut ibu hamil berbentuk lonjong/oval akan melahirkan bayi laki laki. pada kenyataannya jika perut ibu hamil berbentuk bulat itu biasanya karena kehamilaan pertama sehingga kulit perut masih kencang atau cairan ketuban di dalam perut ibu hamil biasanya banyak sehingga menyebabkan perut berbentuk bulat sedangakan jika perut ibu hami berbentuk lonjong /oval itu karena posisi bayi lurus tidak melintang atau karena sudah pernah hamil sebelumnya sehigga kulit perut kendur dan akan terlihat lonjong /oval. Sebenarnya di era modern seperti sekarang ini mitos ini sudah tidak dipercaya lagi karena sudah ada alat untuk melihat gambaran apa yang ada pada rahim yaitu USG (ultrasonografi) akan tetapi di masyarakat pedesaan mitos ini masih banyak di percaya.


5. Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan

Memang air kelapa dapat menyebabkan air ketuban menjadi bersih dan bening akan tetapi belum ada penelitian yang membuktikan mitos tentang air kelapa yang dapat memperlancar persalinan karena lancarnya sebuah persalinaan di pengaaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat steres ibu hamil.

6. Sering keluar di waktu malam dapat menyebabkan bayi terlahir buta

Sebenarnya tidak ada kaitannya antara kebutaan dengan seringnya ibu hamil keluar di waktu malam dan ini hanyalah mitos orang tua dahulu yang sering mengkait-kaitkan sesuatu seperti halnya malam yang identik dengan kegelapan, akan tetapi ada baiknya juga jika ibu hamil jangan terlalu sering keluar diwaktu malam.

7. Stres atau sering marah akan menjadikan bayi terlahir bodoh

Kecerdasan janin itu bukan di pengaruhi oleh suasana hati seorang ibu hamil melaikan di pengaruhi oleh genetik dari ibu dan ayah janin, jadi tingkat stres tidak mempengaruhi kecerdasan janin, jadi semua itu hanyalah mitos saja.

Tidak terasa sudah 7 mitos tentang kehamilan yang dikaitkan dengan ibu hamil saya uraikan, sebenarnya masih banyak tapi mungkin inilah contoh mitos-mitos seputar kehamilan yang bisa saya tulis,semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani kehamilan. oh iya jangan lupa baca juga Makanan sehat untuk ibu hamil muda di bulan pertama

0 Response to " 7 mitos tentang kehamilan yang dikaitkan dengan ibu hamil"

Posting Komentar